Sabtu, 20 Juni 2015

REDIKA MAGAZINE

Presented By:
Ramita Hapsari
Endah Purwitasari
Diana
Ibrahim Dwi Rudianto
Karina Jayanti
Adi Suwanda

Kelas 4MA01
Fakultas Ilmu Komunikasi 2011

LATAR BELAKANG
Majalah sebagai kebutuhan masyarakat semakin meningkat  terutama mengenai informasi. bisa didapat melalui media massa. Majalah menjadi salah satu media komunikasi massa yang berusaha menyampaikan pesan kepada khalayak dengan sangat terperinci karena memiliki karakteristik yang berbeda dari media cetak lainnya. Karakteristik majalah  yaitu mampu menyampaikan pesan yang lebih mendalam dan lebih aktualitas lebih lama, juga memiliki banyak gambar dan cover yang bisa menarik perhatian. Masyarakat Indonesia terkenal dengan masyarakat konsumeris. Majalah sendiri sering digunakan oleh remaja putri atau wanita karir untuk melihat tren fashion. Fashion yang sedang diminati oleh wanita adalah fashion berhijab. Hal ini juga sangat mempengaruhi konten majalah saat ini. Majalah sempat mengalami penurunan pembaca, hasil survei mengatakan  pembaca majalah menurun 20% dari jumlah populasi pada tahun 2015 karena konten yang kurang menarik . (Damanik,2011:09). 

SEJARAH REDIKA MAGAZINE 
Redika merupakan majalah yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia mengenai gaya hidup dan fashion yang sedang berkembang pada zamannya. Redika terbentuk dari enam mahasiswa yang memiliki inovasi mengenai gaya hidup dan fashion. Gaya hidup yang dimaksudkan disini adalah cara hidup yang sederhana namun tetap terlihat mewah dan elegant. Hal ini muncul dari enam mahasiswa komunikasi yang mulai khawatir dengan gaya hidup mahasiswa zaman sekarang yang lebih mementingkan gaya serta penampilan tanpa memikirkan dampak dari gaya tersebut. lalu karena mengingat bahwa kita sebagai mahasiswa adalah adalah orang-orang yang masih produktif, jadi target market dari majalah ini termasuk kedalam usia produktif, yaitu dari usia 18 sampai 35 tahun. Redika dibentuk pada awal tahun 2015, tepatnya pada tanggal 1 januari.  nama “Redika” sendiri diambil dari nama para pendiri yang ada yaitu Ramita, Endah, Diana, Ibrahim, Karin dan Adi. Majalah Redika adalah majalah yang terbit secara mingguan, yaitu setiap dua minggu sekali, dan harga per-eksemplar nya yaitu Rp.25.500,- untuk wilayah pulau Jawa dan Bali, lalu Rp.27.500,- untuk wilayah pulau Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

FILOSOFI LOGO, WARNA DAN TULISAN
Font : century gothic. Perpaduan warna ungu, hijau dan biru. Logo dengan tipe logo gram atau logo gambar dengan bentuk segi enam dengan warna dasar ungu. Huruf R juga bisa diartikan sebagai huruf depan dari kata Refreshing, segar. Dan di ambil dari nama depan majalah Redika. Dalam majalah Radika Huruf yang dipakai adalah Sans Serif yaitu Century Ghotic sedangkan pada isi yang kami gunakan adalah Arial. Sebagian besar desain backgroundnya menggunakkan warna putih.

KONTEN


K E S I M P U L A N
Berdasarkan pemaparan diatas dapat simpulkan bahwa di era globalisasi kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai gaya hidup dan fashion semakin meningkat. Pesan sendiri bisa dilakukan melalui media, media yang paling efektif saat ini adalah media massa. Media massa juga terbagi dari beberapa jenis yaitu cetak, elektronik dan dan online. Majalah sendiri bisa termasuk kedalam media cetak. Majalah ini kami beri nama Redika, Redika hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terkenal konsumeris. 

S A R A N 
Majalah ini bisa diolah lebih baik lagi dan cetak karena ini merupakan ide yang kreatif untuk mendukung ekonomi kreatif, kemudian konten dalam majalah ini juga bisa ditambahkan inovasi-inovasi yang lebih unik.  Majalah redika ini mungkin bisa dijadikan acuan untuk membuat hal yang lebih kreatif lagi dalam komunikasi massa. Kami juga berharap majalah redika ini bisa menambah wawasan mahasiswa kususnya mahasiswa komunikasi dalam mempelajari desain grafis.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REDIKA MAGAZINE

Presented By:
Ramita Hapsari
Endah Purwitasari
Diana
Ibrahim Dwi Rudianto
Karina Jayanti
Adi Suwanda

Kelas 4MA01
Fakultas Ilmu Komunikasi 2011

LATAR BELAKANG
Majalah sebagai kebutuhan masyarakat semakin meningkat  terutama mengenai informasi. bisa didapat melalui media massa. Majalah menjadi salah satu media komunikasi massa yang berusaha menyampaikan pesan kepada khalayak dengan sangat terperinci karena memiliki karakteristik yang berbeda dari media cetak lainnya. Karakteristik majalah  yaitu mampu menyampaikan pesan yang lebih mendalam dan lebih aktualitas lebih lama, juga memiliki banyak gambar dan cover yang bisa menarik perhatian. Masyarakat Indonesia terkenal dengan masyarakat konsumeris. Majalah sendiri sering digunakan oleh remaja putri atau wanita karir untuk melihat tren fashion. Fashion yang sedang diminati oleh wanita adalah fashion berhijab. Hal ini juga sangat mempengaruhi konten majalah saat ini. Majalah sempat mengalami penurunan pembaca, hasil survei mengatakan  pembaca majalah menurun 20% dari jumlah populasi pada tahun 2015 karena konten yang kurang menarik . (Damanik,2011:09). 

SEJARAH REDIKA MAGAZINE 
Redika merupakan majalah yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia mengenai gaya hidup dan fashion yang sedang berkembang pada zamannya. Redika terbentuk dari enam mahasiswa yang memiliki inovasi mengenai gaya hidup dan fashion. Gaya hidup yang dimaksudkan disini adalah cara hidup yang sederhana namun tetap terlihat mewah dan elegant. Hal ini muncul dari enam mahasiswa komunikasi yang mulai khawatir dengan gaya hidup mahasiswa zaman sekarang yang lebih mementingkan gaya serta penampilan tanpa memikirkan dampak dari gaya tersebut. lalu karena mengingat bahwa kita sebagai mahasiswa adalah adalah orang-orang yang masih produktif, jadi target market dari majalah ini termasuk kedalam usia produktif, yaitu dari usia 18 sampai 35 tahun. Redika dibentuk pada awal tahun 2015, tepatnya pada tanggal 1 januari.  nama “Redika” sendiri diambil dari nama para pendiri yang ada yaitu Ramita, Endah, Diana, Ibrahim, Karin dan Adi. Majalah Redika adalah majalah yang terbit secara mingguan, yaitu setiap dua minggu sekali, dan harga per-eksemplar nya yaitu Rp.25.500,- untuk wilayah pulau Jawa dan Bali, lalu Rp.27.500,- untuk wilayah pulau Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

FILOSOFI LOGO, WARNA DAN TULISAN
Font : century gothic. Perpaduan warna ungu, hijau dan biru. Logo dengan tipe logo gram atau logo gambar dengan bentuk segi enam dengan warna dasar ungu. Huruf R juga bisa diartikan sebagai huruf depan dari kata Refreshing, segar. Dan di ambil dari nama depan majalah Redika. Dalam majalah Radika Huruf yang dipakai adalah Sans Serif yaitu Century Ghotic sedangkan pada isi yang kami gunakan adalah Arial. Sebagian besar desain backgroundnya menggunakkan warna putih.

KONTEN


K E S I M P U L A N
Berdasarkan pemaparan diatas dapat simpulkan bahwa di era globalisasi kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai gaya hidup dan fashion semakin meningkat. Pesan sendiri bisa dilakukan melalui media, media yang paling efektif saat ini adalah media massa. Media massa juga terbagi dari beberapa jenis yaitu cetak, elektronik dan dan online. Majalah sendiri bisa termasuk kedalam media cetak. Majalah ini kami beri nama Redika, Redika hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terkenal konsumeris. 

S A R A N 
Majalah ini bisa diolah lebih baik lagi dan cetak karena ini merupakan ide yang kreatif untuk mendukung ekonomi kreatif, kemudian konten dalam majalah ini juga bisa ditambahkan inovasi-inovasi yang lebih unik.  Majalah redika ini mungkin bisa dijadikan acuan untuk membuat hal yang lebih kreatif lagi dalam komunikasi massa. Kami juga berharap majalah redika ini bisa menambah wawasan mahasiswa kususnya mahasiswa komunikasi dalam mempelajari desain grafis.